-->
CLOSE ADS
CLOSE ADS

Iklan

BERITA TERKINI

Brebes Di Terjang Banjir, BPBD Bentuk Forum Penanggulangan Resiko Bencana

Maha Pos
Minggu, 20 November 2022, 20.11.22 WIB Last Updated 2022-11-20T01:08:08Z

MAHAPOS.COM | BREBES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes bersama anggota komisi  DPR-RI Paramitha Widya kusuma membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) pada Sabtu (19/11) di King Royal Hotel Brebes Jawa tengah.

Hal tersebut dimaksud guna mendorong peran masyarakat dalam upaya penanggulangan risiko bencana alam.

Ketua FPBR, Paramitha Widya Kusuma mengatakan, pembentukan forum di Brebes sangat penting karena wilayah Brebes merupakan wilayah rawan bencana.

"Pembentukan Forum FPRB di Kabupaten Brebes sangat penting, ini sebagai upaya penanggulangan pengurangan resiko bencana alam, hal ini juga agar masyarakat sigap hadapi bencana, Kesiapsiagaan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam sangat diperlukan" kata Paramitha yang juga anggota DPR-RI dari PDI-P Dapil IX Jawa Tengah.

Ia juga menganggap FPRB yang terdiri dari para anggota masyarakat, tokoh-tokoh agama, para pemuda, dunia usaha, kalangan akademisi serta media sangat penting dan menjadi ujung tombak pemerintah dalam upaya penanggulangan resiko bencana secara dini.

Peran media juga sangat diperluka, oleh sebab itu ia berharap keterbukan forum penanggulangan resiko bencana akan semakin meningkatkan peran serta dalam penanggung jawab penanggulangan bencana di Kabupaten Brebes, sehingga brebes akan memiliki ketangguhan penangulangan bencana, demikian Mitha menyampaikan.

Minta juga berharap dengan telah dikukuhkan FPBR yang didalamnya kolaborasi beberapa elemen pentahelix untuk segera merealisasikan rencana kerjanya.

Sementara penanggung Jawab FPBR, Nursy Mansyur yang juga kepala BPBD Brebes mengatakan, penanggulangan bencana di Brebes akan lebih terarah dengan program kerja dari stakeholder, apalagi dikatakanya dengan diketuai oleh Mitha.

“Bencana bukan saja terjadi setiap waktu, tetapi dengan kerangka kerja penanganan penangulangan resiko bencana dan memberikan edukasi akan mendorong peran serta masyarakat dalam kebersamaan menangulangi bencana, apa lagi di dukung dan diketuai oleh ibu Mitha, penanggulangan akan lebih terarah” Kata Nursy.

Azmi A majid, yang merupakan pengurus FPBR menegaskan, " Semua pihak harus memiliki kesadaran kolektif akan kesadaran penanggulangan bersama, kolaborasi dengan lima unsur pantahelik dimana dimaknai sebagai kerangka kerja penanggulangan bencana, ujar Azmi.

“Semoga dengan adanya FPBR yang diketuai oleh mbak Mitha bisa menjadi acuan gerak penanganan bencana di Brebes,” pungkas Azmi yang juga tokoh pergerakan kemanusian di Brebes. (**)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Loading...