-->
CLOSE ADS
CLOSE ADS

Iklan

BERITA TERKINI

Ketua YKI Bangli Pantau IVA Tes Terakhir Di Kecamatan Bangli

Maha Pos
Jumat, 02 September 2022, 2.9.22 WIB Last Updated 2022-09-02T07:37:29Z

MAHAPOS.COM | BALI — Setelah empat kecamatan  terpantau program gebyar IVA tes  yang dimotori Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bangli,  diawali dari Kecamatan Susut, Kecamatan Kintamani, Kecamatan Tembuku dan kini terakhir Kecamatan Bangli “astungkara target tercapai, hasil IVA tes peserta negative, dan program berjalan lancar sesuai harapan.

Hal itu  disampaikan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bangli Ny. Suciati Diar saat kunjungan terakhir memantau  kegiatan gebyar IVA tes di dua lokasi yaitu Puskesmas Bangli  Jalan Jelekungkang Desa Tamanbali dan Puskesmas Bangli Utara Jalan nusantara  Desa Pengotan.

didampingi Kadis Kesehatan Bangli Dr. I Nyoman Arsana beserta Tim, Wakil Ketua 1 YKI bidang organisasi sekaligus Sekretaris TP PKK Kab. Bangli I Dewa Ayu Putu Pusparini,  Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bangli Ny. Ayu Sri Dwipayana  Kamis (1/9) kembali disambut antusias oleh peserta test.

Ketua YKI Cabang Bangli Ny. Suciati Diar saat itu menyampaikan program ini terlaksana berkat kerjasama  pihaknya dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada di kabupaten Bangli untuk mengadakan program deteksi dini mulut rahim atau IVA tes (Inspeksi Visual Asam Asetat ) ini guna melakukan pencegahan atau upaya prefentif untuk lebih dini mengenali tanda-tanda atau gejala kanker mulut rahim yaitu dengan cara Inspeksi Visual Asam Asetat supaya benar benar terdeteksi dan mendapat solusi dan penanganan terbaik untuk kesehatan masyarakat Bangli“karena lebih baik mencegah dari pada mengobati” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Ny. Suciati Diar sakeng antusiasnya masyarakat mengikuti program ini yang bisanya masing- masing puskesmas sebanyak 25 orang peserta kini lebih meningkat, untuk Puskesmas Bangli  sebanyak  38 orang peserta dan Puskesmas Bangli Utara sebanyak 29 orang peserta “ astungkara semua peserta terlayani dan semua hasilnya  negative artinya kondisi peserta baik" kendati jika ada nantinya yang peserta yang terdeteksi akan dirujuk kerumah sakit terdekat untuk pengobatan lebih lanjut.tegas Suciati Diar.

Tak henti saat itu, edukasi pun terus disampaikan Ny.suci Diar kepada para peserta  untuk sadar menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih, baik pola makan dan kebersihan lingkungan serta rajin berolahraga.

terkait kelanjutan program YKI , Suciati Diar menyampaikan, Bulan- bulan ini juga bersama pihaknya akan mengadakan gebyar vaksin HPV ( human papiloma virus ) Kanker cerviks/kanker leher rahim untuk anak usia 11 tahun dengan sasaran 527 anak. bersama jajarannya yakin, dengan penuh semangat dan sinergitas pihak terkait seperti Dinas kesehatan dan Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Bangli untuk berada digaris terdepan mengedukasi masyarakat, kedepannya program ini pasti bisa dilaksanakan secara berkelanjutan tentunya peran serta partisipasi masyarakat untuk lebih sadar dan meningkat guna melakukan pencegahan deteksi dini terkait kanker mulut rahim ini.

Tak lupa saat itu disampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya Puskesmas Puskesmas Bangli dan Puskesmas Bangli Utara  serta para peserta dan segenap pihak yang membantu memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini. Ajaknya “ mari kita selalu waspada, jaga kesehatan , saling mengedukasi dan ingat lebih baik mencegah daripada mengobati ”

Sementara itu salah seorang peserta IVA tes Ni Nyoman Parasadnya asal langkan  menyampaikan apresiasinya dengan mengucapkan terimakasihnya kepada Ketua YKI Cabang Bangli karna dengan adanya program IVA tes ini dirinya bersama peserta dan masyarakat lain sangat terbantu dan diringankan untuk mengetahui lebih awal akan kondisi yang sebenarnya pada diri masing-masing, apakah sehat atau terdeteksi kanker mulut rahim, syukur di kami tidak ada, dan program ini diharapkan terus berkelanjutan untuk mengantisifasi penyakit demi kesehatan masyarakat Bangli kedepan”tutupnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Loading...