-->
CLOSE ADS
CLOSE ADS

Iklan

BERITA TERKINI

Benda Menyala di Langit Lampung Bukan Meteor, BRIN: Bagian Sampah Antariksa Milik China

Maha Pos
Senin, 01 Agustus 2022, 1.8.22 WIB Last Updated 2022-07-31T21:12:04Z
 

MAHAPOS.COM | LAMPUNG — Benda asing mengeluarkan api diduga meteor melintas di atas langit Lampung pada  Sabtu, 30 Juli 2022, sekitar pukul 12.00 WIB. Peristiwa itu membuat geger masyarakat yang melihat.

Vidio amatir yang diambil warga selama 30 sampai 48 detik itu viral di media sosial. Terlihat benda yang berasal dari langit turun kebumi memancarkan kobaran api.

"Apa itu, keluar api, meteor apa pesawat terbakar,"ujar warga dalam vidio tersebut.

Kemudian, warga Bandar Lampung Adi Setiawan mengatakan ia sempat melihat beberapa detik sebuah benda yang jatuh dari atas langit mengeluarkan kobaran api sepulang dari nonton konser di Stadion Way Dadi, Sukarame.

Benda menyala yang melintas di langit Lampung pada Minggu malam (31/7), dipastikan bukan meteor.

Benda yang  jatuh dengan kecepatan jatuh 3,3 detik per putaran dengan kemiringan 41,47 derajat itu ternyata pecahan puing atau sampah antariksa CZ5B milik China.

Ahli astronomi dan astrofisika dari Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin menjelaskan benda tersebut merupakan pecahan sampah antariksa milik China.

"Kalau itu tengah malam tadi, itu adalah pecahan sampah antariksa CZ5B milik RRT (Republik Rakyat Tiongkok)," ujar Thomas dikutip dari RMOLLampung, Minggu (31/7).

Dia juga mengatakan, sampah antariksa itu berbobot 20 ton dengan ukuran 30 meter dan penampakan ini terkonfirmasi pada 30 Juli 2022.

"Alhamdulillah, sampah antariksa besar, bekas roket peluncuran RRT CZ5B berbobot sekitar 20 ton berukuran 30 meter telah terkonfirmasi jatuh di Samudra Hindia," terangnya

"Dan ada laporan pecahannya terekam oleh kamera pemantau meteor Itera di Lampung dan juga terlihat antara Kalimantan dan Filipina," imbuhnya.

Sebelumnya, benda menyala diduga meteor melintas di atas langit Lampung membuat geger masyarakat yang melihat dan benda itu terlihat di wilayah Kota Bandar Lampung, Lampung Tengah, hingga Kota Metro. 
Komentar

Tampilkan

Terkini

Loading...