-->
CLOSE ADS
CLOSE ADS

Iklan

BERITA TERKINI

Ribuan Batang Rokok Ilegal Disita Di Jabar

Maha Pos
Sabtu, 30 Juli 2022, 30.7.22 WIB Last Updated 2022-07-29T17:56:49Z

MAHAPOS.COM | BANDUNG — Tim gabungan dari Bea Cukai Provinsi Jawa Barat dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyita 85.000 batang rokok ilegal dari berbagai merek.

Kasatpol PP KBB, Asep Sehabudin mengatakan, operasi penyitaan berlangsung selama dua hari. Berhasil disita 85.000 batang rokok ilegal dalam berbagai kemasan dan merek di dua lokasi.

"Sasaran penyitaan di daerah Awitali, Kecamatan Cikalongwetan dan Sirnaraja, Kecamatan Cipeundeuy," sebutnya.

Dalam operasi tersebut, tim gabungan tidak hanya melakukan tindakan penyitaan barang bukti, tapi juga memberikan peringatan, termasuk mempersempit peredaran rokok ilegal di wilayah KBB.

"Upaya tersebut dilakukan dalam rangka menekan peredaran rokok ilegal di KBB. Negara dirugikan akibat tindakan melawan hukum tersebut," tandasnya.

Dijelaskannya, perbedaan rokok ilegal dan legal terletak dari pita cukai. Rokok legal menggunakan pita cukai sedangkan rokok ilegal tanpa dilengkapi pita cukai atau polos.

"Rokok yang kami sita di Cikalongwetan dan Cipeundeuy tanpa pita cukai dan menjadi yang terbesar di sepanjang tahun ini," tegasnya.

Ia mengakui, warga yang menjual rokok ilegal tersebut kebanyakan tidak mengetahui bahwa apa yang dijualnya itu barang yang melanggar hukum.

"Kami perlu terus melakukan sosialisasi tentang kriteria rokok ilegal kepada masyarakat. Sebab, pedagang rokok mengaku masih banyak yang belum mengerti tentang ciri-ciri rokok ilegal," tukasnya
Komentar

Tampilkan

Terkini

Loading...