-->

Iklan

BERITA TERKINI

DPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Evakuasi WNI dari Ukraina

Maha Pos
Sabtu, 26 Februari 2022, 26.2.22 WIB Last Updated 2022-02-26T00:55:38Z
 
MahaPos.com, Jakarta — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meminta pemerintah menjamin keselamatan warga negara Indonesia (WNI) yang ada di negara Ukraina yang saat ini dilanda perang dengan Rusia.

“Evakuasi terhadap WNI di Ukraina perlu dipertimbangkan dengan serius. Jangan sampai ada satu pun warga Indonesia yang terluka dalam konflik di Ukraina. Keselamatan dan keamanan WNI harus menjadi prioritas," kata Puan dalam keterangan di Jakarta, Jumat (25/2/2022).
 
Politikus PDI-Perjuangan itu menyatakan, evakuasi merupakan salah satu bentuk perlindungan negara yang harus dilakukan terhadap semua WNI yang sedang berada di wilayah konflik.

Ia meminta pemerintah untuk menyiapkan segala kebutuhan jika evakuasi dilakukan, mulai dari menyediakan rumah aman, kebutuhan sehari-hari, hingga transportasi untuk kembali ke Indonesia.

"KBRI dan semua pihak yang berkepentingan harus berkoordinasi dengan efektif jika perlu melakukan evakuasi dan membawa pulang seluruh WNI secepatnya dan seaman mungkin," katanya.

Selain itu, Puan juga meminta agar pemerintah ikut mendorong terciptanya perdamaian dunia lewat berabgai forum internasional.

"Hentikan perang. Perang hanya menyisakan arang juga abu bagi yang melakukannya, dan manusia yang menjadi korbannya,” kata Puan Maharani.

Saat ini, terdapat 138 WNI yang berada di Ukraina. Kemenlu RI dan KBRI telah menyiapkan skenario untuk mengevakuasi para WNI yang saat ini berada di Ukraina.

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu RI Judha Nugraha mengatakan, pada tahap awal Kemenlu dan KBRI di Kyiv telah membangun komunikasi dengan 138 WNI melalui WhatsApp Group. Dari 138 WNI yang ada di Ukraina, sebanyak 11 orang di antaranya saat ini tinggal di Ukraina Timur, tepatnya di Donetsk dan Luhansk, serta di beberapa kota lain. (ys/rls)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Loading...