-->

Iklan

BERITA TERKINI

Usaba Dalem, Ratusan Babi Guling Hiasi Pura Dalem Desa Pakraman Timbrah

Maha Pos
Senin, 31 Januari 2022, 31.1.22 WIB Last Updated 2022-01-31T16:34:26Z

MahaPos.com, Karangasem — Ratusan Babi guling hiasi Pura Dalem Desa Pakraman Timbrah, Senin (31/1/2022) yang dihaturkan pakraman Desa Timbrah dalam rangka Usaba Dalem yakni piodalan di Pura Dalem Desa Pakraman Timbrah, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem yang jatuh pada sasih kaulu. 

Dikonfirmasi Pengrajeg Desa Timbrah, I Nengah Sudarsa membenarkan hal tersebut. "Ya, Upacara persembahyangannya sudah dilaksanakan dari jam 10.00 Wita. Setiap kepala keluarga dikenakan persembahan masing-masing satu babi guling, jadi jumlah babi gulingnya sekitar 870an, " Ungkapnya. 

Selain hampir seribu babi guling di haturkan oleh krama, Desa juga  menghaturkan satu ekor Godel bangun urip untuk caru di Pura Dalem. 

"Caru godel dibuat bangun urip, sedangkan sisanya dibuat  lawar barak (merah) putih untuk di lungsur atau digibungin oleh krama Desa di Natar Pura Dalem setelah selesai persembahyangan, "Terang Nengah Sudarsa. 


Menghaturkan ratusan babi guling ini dilaksanakan bukan hanya pada Usaba Dalem, namun juga pada Usaba Sumbu yang biasanya jatuh pada Tilem  Sasih Kasa yakni Piodalan di Panti Kaler dan Pura Balai Agung Desa Adat Timbrah. 

Sementara, mengenai makna, dijelaskan jika hal tersebut merupakan sebuah ungkapan rasa syukur dan bakti kepada Ida Betari Durga atas karunia keselamatan dan kesejahteraan Krama Desa. (bk/Ami) 
Komentar

Tampilkan

Terkini

Loading...