• Jelajahi

    Copyright © MAHAPOS.COM | Berita Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bupati Sumenep Raih Dua Penghargaan dari BPKP

    MAHAPOS
    Rabu, 22 Januari 2020, 20.48 WIB Last Updated 2020-01-22T13:48:03Z
      Bupati Sumenep Raih Dua Penghargaan dari BPKP

    Maha Pos ■ Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berhasil meraih dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

    Dua penghargaan tersebut yakni Kapabilitas Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3 dan Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3.

    Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dadang Kurnia, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah kepada Bupati Sumenep, A Busyro Karim, disaksikan langsung oleh Gubernur Jatim, Khafifah Indar Parawansa, di Gedung Grahadi Surabaya, kemarin.

    Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumenep, R Titik Suryati, yang ikut menyaksikan pemberian penghargaan tersebut mengatakan, penghargaan yang diterima dari BPKP ini merupakan hal yang istimewa. Sebab, dalam memberikan penghargaan, BPKP benar-benar menyeleksi implementasi dari sistem pengendalian yang dicanangkan oleh Pemkab.

    "Yang jelas kita bersyukur telah berhasil menyusun daftar risiko di semua OPD. Sehingga BPKP menilai level pengendalian kita sudah naik jenjang di level 3," kata Inspektur Sumenep, Titik Suryati.

    Ia menjelaskan, kinerja pengawasan yang dilakukan Pemkab Sumenep selama ini tidak hanya berdasar pada asas kepatuhan dan kepatutan saja, namun juga meliputi asas kinerja, audit kinerja hingga provety audit untuk infrastruktur.

    “Jadi, mengenai daftar risiko di semua OPD, pengawasannya menitikberatkan pada pendampingan-pendampingan. Utamanya terhadap OPD yang memiliki daftar risiko tinggi atau sangat tinggi, misalnya OPD yang anggarannya besar,” jelasnya.

    Mantan Kepala BKPSDM Sumenep ini menambahkan, diraihnya dua penghargaan tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi Pemkab Sumenep. Sebab, tidak mudah untuk mendapat penghargaan dari BPKP apalagi dua penghargaan sekaligus.

    Oleh sebab itu, pihaknya berharap capaian tersebut dapat menjadi pendorong bagi Pemkab untuk semakin lebih baik dan lebih maju.

    "Dan ini baru pertama kali Pemkab Sumenep mendapat dua penghargaan sekaligus dari BPKP," imbuhnya.(Ros/Tris)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terkini

    Loading...